Untuk
menggerakkan lengan robot ini, masih pada pemahaman yang sangat sederhana,
selanjutnya bisa teruskan untuk membuat yang lebih baik, dengan langkah-langkah
sebagai berikut:
1. Buat Object baru ke-1, Klik Menu GameObject->Create Other->Cube; atur Scale x=0.5; y=5; z=0.5, pada panel hierarchi rename menjadi Lengan_1, seperti yang terlihat pada gambar berikut,
1. Buat Object baru ke-1, Klik Menu GameObject->Create Other->Cube; atur Scale x=0.5; y=5; z=0.5, pada panel hierarchi rename menjadi Lengan_1, seperti yang terlihat pada gambar berikut,
2. Buat object game kosong, dengan Klik menu GameObject->Create Empty, pada panel hierarchi rename menjadi ObjekLengan_1 ; selanjutnya Klik Menu Assest->Create->JavaScript, pada panel object rename menjadi LenganRobot1 dan masukkan coding berikut,
function Update () {
if (Input.GetKey (KeyCode.A)) {
transform.Rotate(0,1,0);
}else if(Input.GetKey (KeyCode.S)) {
transform.Rotate(0,-1,0);
}
}
Coding dengan nama LenganRobot1 tarik/drag ke panel Hirarchi ObjekLengan_1, selanjutnya Jalankan dengan tekan keyboard A (untuk bergerak ke sumbu Y)dan S (untuk beergerak ke Sumbu Y-)--> jika lengan_1 dapat berotasi dimana ujung lengan bawah tetap pada posisi tengah, maka berhasil menggerakkan Lengan_1. Dengan hasil, seperti yang terlihat pada gambar berikut,
3. Buat Object baru ke-2, Klik Menu GameObject->Create Other->Cube; atur Scale x=0.5; y=0.5; z=5, pada panel hierarchi rename menjadi Lengan_2, atur posisinya seperti yang terlihat pada gambar berikut,
4. Buat object game kosong, dengan Klik menu GameObject->Create Empty, pada panel hierarchi rename menjadi ObjekLengan_2 ; selanjutnya Klik Menu Assest->Create->JavaScript, pada panel object rename menjadi LenganRobot2 dan masukkan coding berikut,
function Update () {
if (Input.GetKey (KeyCode.Z)) {
transform.Rotate(0,1,0);
}else if(Input.GetKey (KeyCode.X)) {
transform.Rotate(0,-1,0);
}
}
Coding dengan nama LenganRobot2 tarik/drag ke panel Hirarchi ObjekLengan_2, selanjutnya Jalankan dengan tekan keyboard Z (untuk bergerak ke sumbu Y) dan X (untuk beergerak ke Sumbu Y-)--> jika lengan_1 dapat berotasi dimana ujung lengan bawah tetap pada posisi tengah, maka berhasil menggerakkan Lengan_1. Dengan hasil, seperti yang terlihat pada gambar berikut,
Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat
NB : Tugas Ini Sebagai Prioritas Penilaian Nilai Semester
0 komentar:
Posting Komentar