Pages

Subscribe:
Selamat Datang Di Blog MK =Kecerdasan Buatan= Mahasiswa TI Semester 7 UBI Banyuwangi

Labels

Jumat, 04 Januari 2013

Menggerakkan Lengan Robot ( Sebagai Tugas Semester 7)



Untuk menggerakkan lengan robot ini, masih pada pemahaman yang sangat sederhana, selanjutnya bisa teruskan untuk membuat yang lebih baik, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.  Buat Object baru ke-1, Klik Menu GameObject->Create Other->Cube; atur Scale x=0.5; y=5; z=0.5, pada panel hierarchi rename menjadi Lengan_1, seperti yang terlihat pada gambar berikut,


2.  Buat object game kosong, dengan Klik menu GameObject->Create Empty, pada panel hierarchi rename menjadi ObjekLengan_1 ; selanjutnya Klik Menu Assest->Create->JavaScript, pada panel object rename menjadi LenganRobot1 dan masukkan coding berikut,
 function Update () {
 if (Input.GetKey (KeyCode.A)) {
  transform.Rotate(0,1,0);
  }else if(Input.GetKey (KeyCode.S)) {
  transform.Rotate(0,-1,0);
  }
}

Coding dengan nama LenganRobot1 tarik/drag ke panel Hirarchi ObjekLengan_1, selanjutnya Jalankan dengan tekan keyboard A (untuk bergerak ke sumbu Y)dan S (untuk beergerak ke Sumbu Y-)--> jika lengan_1 dapat berotasi dimana ujung lengan bawah tetap pada posisi tengah, maka berhasil menggerakkan Lengan_1.  Dengan hasil, seperti yang terlihat pada gambar berikut,



3.  Buat Object baru ke-2, Klik Menu GameObject->Create Other->Cube; atur Scale x=0.5; y=0.5; z=5, pada panel hierarchi rename menjadi Lengan_2, atur posisinya seperti yang terlihat pada gambar berikut,

4.  Buat object game kosong, dengan Klik menu GameObject->Create Empty, pada panel hierarchi rename menjadi ObjekLengan_2 ; selanjutnya Klik Menu Assest->Create->JavaScript, pada panel object rename menjadi LenganRobot2 dan masukkan coding berikut,
 function Update () {
 if (Input.GetKey (KeyCode.Z)) {
  transform.Rotate(0,1,0);
  }else if(Input.GetKey (KeyCode.X)) {
  transform.Rotate(0,-1,0);
  }
}

Coding dengan nama LenganRobot2 tarik/drag ke panel Hirarchi ObjekLengan_2, selanjutnya Jalankan dengan tekan keyboard Z (untuk bergerak ke sumbu Y) dan X (untuk beergerak ke Sumbu Y-)--> jika lengan_1 dapat berotasi dimana ujung lengan bawah tetap pada posisi tengah, maka berhasil menggerakkan Lengan_1.  Dengan hasil, seperti yang terlihat pada gambar berikut,



Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat
NB : Tugas Ini Sebagai Prioritas Penilaian Nilai Semester

0 komentar:

Posting Komentar