Aplikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
1. Bidang Komputer dan Sains
Para Peneliti kecerdasan buatan telah membuat banyak alat untuk memecahkan
beberapa masalah yang dapat dikategorikan paling rumit pada bidang komputer dan
sains. Kebanyakan dari penemuan mereka telah diambil alih oleh cabang ilmu
komputer dan sains dan tidak lagi menjadi bagian dari bidang ilmu kecerdasan
buatan. Beberapa daftar aplikasi yang sebelumnya dikembangkan oleh para
peneliti kecerdasan buatan adalah GUI (Graphical User Interface), Kalkulasi
koordinat mouse pada layar monitor, manajemen penyimpanan otomatis, pemrograman
dinamis serta pemrograman orientasi objek.
2. Finansial
Pada bidang finansial, penggunaan kecerdasan buatan ditujukan pada
pengorganisasian operasi, investasi saham, dan memanajemen properti. Sebuah
sistem yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengkalkulasi inflasi maupun
deflasi yang akan terjadi di masa depan serta dapat mengkalkulasi probabilitas
naik turunnya harga saham sehingga dapat digunakan untuk menentukan investasi
secara detail.
3. Kesehatan
Pada bidang kesehatan, sistem kecerdasan buatan telah digunakan,
slah satunya adalah algoritma genetika yang memungkinkan simulasi proses
evolusi dan rekayasa genetika diuji coba tanpa memerlukan “korban” makhluk
hidup. Algoritma ini juga dapat digunakan untuk pencocokan DNA yang sering
digunakan dan saat ini mungkin populer untuk mengidentifikasi identitas
seseorang.
4. Industri
Pada bidang Industri penggunaan mesin sudah merupakan hal yang umum. Mesin
biasanya digunakan dalam industri untuk pekerjaan yang membahayakan manusia dan
yang sulit untuk dilakukan manusia. sebagai contoh memindahkan barang yang
mempunyai berat ber ton-ton, pemotongan besi dan baja. bahkan dalam industri
manufaktur, pekerjaan yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi dan konsistensi
sudah diambil alih oleh mesin.
5. Telekomunikasi
Pada Bidang telekomunikasi, sistem kecerdasan buatan juga banyak digunakan
antara lain untuk pencarian heuristik tentang tenaga kerja mereka, mengatur
penjadwalan puluhan ribu pekerjanya, serta menentukan jumlah gaji sesuai dengan
kualitas kerja mereka. Semuanya dilakukan secara otomatis dengan kecerdasan
buatan yang telah diimplementasikan ke dalam sistemnya.
6. Pengembangan Game
Perkembangan Game yang pesat pada masa ini juga membutuhkan sesuatu yang
berbeda pada rule permainannya. Sebuah sistem game, jika sudah dimainkan sampai
tuntas oleh seorang player, maka ketika player yang sama memulai lagi permainan
dari awal, maka rule permainannya akan sama. namun berbeda untuk game-game yang
telah ada saat ini. sistem dalam game, dapat belajar mengenali pola permainan
dari player dan ketika player tersebut memulai permainan kembali, maka sistem
ini akan menggunakan rule yang berbeda untuk pemain yang sama ini. sehingga
game menjadi lebih menarik dan menantang untuk dimainkan. Contoh aplikasi
kecerdasan buatan dalam bentuk game sangat banyak sekali, ada yang berbentuk
game PC, dan ada pula yang berbentuk game jaringan atau Game Online.
7. Pengembangan Mainan Dengan AI
Peralatan permainan seperti AIBO dan ASIMO, robot anjing cerdas dan robot yang
menyerupai manusia yang dapat berinteraksi dengan manusia menjadi salah satu
favorit alat bermain yang telah menggunakan kecerdasan buatan pada sistemnya. AIBO
dan ASIMO ini dapat berinteraksi dengan manusia melalui suara, fitur speech
recognition di dalamnya, robot ini dapat mengerti apa yang diucapkan manusia
dan menanggapinya.
8. Pengembangan AI yang lain
SYSTRAN adalah perangkat lunak yang
dapat dipakai untuk melakukan penerjemahan dari dan kebahasa-bahasa berikut:
Jerman, Prancis, Italia, Jepang, Korea, Rusia, Portugis dan Spanyol
Delco Electronics menciptakan sebuah mobil yang dapat mengemudi sendiri. Mobil ini menggunakan pendeteksi tepi untuk tetap bertahan di jalan
Volkswagen AG (Jerman) menciptakan sistem pengemudi kendaraan otomatis.
Delco Electronics menciptakan sebuah mobil yang dapat mengemudi sendiri. Mobil ini menggunakan pendeteksi tepi untuk tetap bertahan di jalan
Volkswagen AG (Jerman) menciptakan sistem pengemudi kendaraan otomatis.
by: Eko Ridayanto (0955201015)
4 komentar:
kita juga punya nih jurnal mengenai kecerdasan buatan , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5447/1/JURNAL.pdf semoga bermanfaat yaa :)
kita juga punya nih artikel mengenai 'Kecerdasan Buatan', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2944/1/Artikel_50401963.pdf
terimakasih
ternyata bisa di implementasikan ke sebuat alat ya kecerdasan itu
Sangat membantu buat tugas kuliah ^_^
Makasih yaahhh ^_^
Posting Komentar