Pages

Subscribe:
Selamat Datang Di Blog MK =Kecerdasan Buatan= Mahasiswa TI Semester 7 UBI Banyuwangi

Labels

Sabtu, 27 Oktober 2012


KECERDASAN BUATAN  DARI BEBERAPA PRESPEKTIF



H O S N A N
NIM: 0955201022

Beberapa kali mengikuti perkuliahan tentang Kecerdasan Buatan atau bahasa kerennya Artificial Intelegence (AI), cukup memeras otak dan pikiran. Gimana gak ternyata susah juga aku memahaminya dan sebenarnya arah materi kuliah ini kemana sih…tapi pepatah lama mengatakan “yang penting ada niat”. Pantang mundur aku tanya sana sini, yah walaupun agak susah sidikit demi sedikit akhirnya dapat pencerahan juga. aku mencoba memahami AI ini dari beberapa perspektif (sudut pandang) yaitu :

PERSPEKTIF KECERDASAN
AI mempelajari dan menciptakan bagaimana sebuah perangkat / mesin  sedekat mungkin dapat melakukan hal-hal yang juga dilakukan oleh manusia. bagaimana ini mungkin ini terjadi ? inilah diantara usaha Kecerdasan Buatan dipandang dari sudut pandang kecerdasan. Namun tidak semua kelebihan yang dimiliki manusia dapat ditiru oleh mesin atau computer seperti rasa (rasa lelah,kasih sayang ) dll.

PERSPEKTIF BISNIS
Diantaranya Dapat membuat sekelompok alat bantu untuk membantu pekerjaan manusia. Metodologi dalam penyelesaian permasalahan dalam dunia bisnis dapat menggunakan tools yang berdaya guna, dan lebih efektif dan efisien

PERSPEKTIF PEMROGRAMAN
Didalam AI juga mempelajari studi tentang pemrograman simbolik dan Numerik, pemecahan masalah dalam mencapai tujuan, dan proses pencarian. Proses pencarian jarang mengarah ke sebuah solusi. Bahasa pemrograman dalam AI yatiu:
§  LISP, dikembangkan awal tahun 1950-an, bahasa pemrograman pertama yang diasosiasikan dengan AI.
§  PROLOG, dikembangkan pada tahun 1970-an.
§  Bahasa pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming (Objective C, C++, Smalltalk,Java)


PERSPEKTIF PENELITIAN
Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan Riset pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugas - tugas Sederhana). 

“Artificial intelligence” adalah nama pada akar dari studi area.

Domain (wilayah) penelitian dalam kecerdasan buatan Terbagi Tiga Kelompok Yaitu :
· Formal tasks (matematika, games)
· Mundane task (perception, robotics, natural language, common sense, reasoning)
· Expert tasks (financial analysis, medical diagnostics, engineering, scientific analysis, dll)

Demikian sedikit penjelsan tentang Studi Kecerdasan Buatan dari beberapa perspektif. Lebih dalam lagi akan di dibahasa artikel berikutnya. Terima kasih.

2 komentar:

tulisanpunberceritaaa** mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai kecerdasan buatan , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5447/1/JURNAL.pdf semoga bermanfaat yaa :)

haryadi.182 mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Kecerdasan Buatan', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2944/1/Artikel_50401963.pdf
terimakasih

Posting Komentar