MEMBUAT LENGAN ROBOT MENGGUNAKAN UNITY
1. Buat sebuah cube dengan cara pilih menu Game object->Create Other->Cube (rename nama Cube dengan nama 'pangkal')
2. Tampilkan pada prespektif sumbu Y
3. Beri skala X=1, Y=1 dan Z=5 agar berbentuk memanjang, serta atur
posisi pada X=0, Y=0, Z=2,5 agar salah satu ujung dari kotak tersebut
berada pada titik tengah.
4. Setelah itu buat objek kosong dengan cara pilih menu
GameObject->Create Empty (rename nama GameObject dengan nama
'objek_kosong1'), atur Position dan Rotation pada kondisi "0" dan Isi
Scale X,Y dan Z = 1
5. Buat kode javascrip untuk objek kosong tersebut dengan cara pilih
Create -> Javascript (Pada menu tab Project), rename dan beri nama
LenganPangkal serta isikan kode berikut:
function Update() {
if (Input.GetKey (KeyCode.Q)) {
transform.Rotate(0,1,0);
}else if(Input.GetKey (KeyCode.W)) {
transform.Rotate(0,-1,0);
}
}
Setelah Javascip selesai dibuat, drag kode ini pada object_kosong1 tadi.
Kode diatas artinya untuk menggerakkan lengan ke kiri dan ke kanan kita
dapat memakai tombol Q dan W.
6. Masukkan objek pangkal ke dalam parent objek kosong tadi dengan cara
men-drag nama objek pangkal tersebut pada tab Hierarchy ke tulisan
objek_kosong1.
7. Jalankan dan tekan Q atau W untuk menggerakkannya, jika pangkal
berotasi dimana ujung lengan bawah tetap pada posisi tengah, maka bisa
dibilang lengan pangkal sudah berhasil dibuat.
Untuk lengan kedua pada hakikatnya sama sebagaimana lengan pangkal tadi, yaitu:
1. Buat objek kosong lagi seperti halnya diatas, rename dengan nama
Objek_kosong2, atur posisi pada X=0,Y=0 dan Z=5 (Z=5 agar posisi objek
kosong ada diujung luar lengan pangkal tadi)
2. Buat kode javascript seperti diatas dengan nama baru yaitu 'Lengan2'
misalkan, tuliskan sama persis dengan yang pertama, cuma ganti Keycode.Q
jadi Keykode.A dan Keycode.W jadi Keykode.S, ini dimaksudkan untuk
menggerakkan lengan kedua menggunakan tombol A atau S. Lalu drag pada
objek_kosong2 tadi.
3. Buat cube baru lagi dengan ukuran sama persis seperti yang pertama
yaitu skala X=1, Y=1 dan Z=5, namun untuk position set X=0,Y=0 dan Z=7.5
(Z=7.5 agar posisi objek cube ini juga nempel diujung luar lengan
pangkal tadi), rename namanya menjadi Lengan. Beri texture biar ada
perbedaan warna dengan lengan pangkal.
4. Jika sudah selesai, sama seperti halnya yang pertama, lakukan
parent-isasi dengan cara masukkan objek pangkal2 ke dalam parent
objek_kosong2 dengan cara men-drag nama objek Lengan pada tab Hierarchy
ke tulisan objek_kosong2.
5. Jalankan dan tekan A atau S untuk menggerakkannya, jika ujung bawah
Lengan berotasi dengan titik pusat ujung atas Pangkal, maka bisa
dibilang objek lengan sudah berhasil dibuat.
Untuk langka terakhir agar Lengan juga bergantung pada rotasi pangkal,
maka masukkan Object_kosong2 yang didalamnya ada objek Pangkal2 kedalam
parent Object_kosong1.
Nama :Yana
NIM : 0955201013
lorem Ipsum Babank Tamvan First Post
3 tahun yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar