Pages

Subscribe:
Selamat Datang Di Blog MK =Kecerdasan Buatan= Mahasiswa TI Semester 7 UBI Banyuwangi

Labels

Rabu, 16 Januari 2013

MEMBUAT LENGAN ROBOT MENGGUNAKAN UNITY

1. Buat sebuah cube dengan cara pilih menu Game object->Create Other->Cube (rename nama Cube dengan nama 'pangkal')
2. Tampilkan pada prespektif sumbu Y
3. Beri skala X=1, Y=1 dan Z=5 agar berbentuk memanjang, serta atur posisi pada X=0, Y=0, Z=2,5 agar salah satu ujung dari kotak tersebut berada pada titik tengah.
4. Setelah itu buat objek kosong dengan cara pilih menu GameObject->Create Empty (rename nama GameObject dengan nama 'objek_kosong1'), atur Position dan Rotation pada kondisi "0" dan Isi Scale X,Y dan Z = 1
5. Buat kode javascrip untuk objek kosong tersebut dengan cara pilih Create -> Javascript (Pada menu tab Project), rename dan beri nama LenganPangkal serta isikan kode berikut:
   function Update() {
   if (Input.GetKey (KeyCode.Q)) {
      transform.Rotate(0,1,0);
   }else if(Input.GetKey (KeyCode.W)) {
     transform.Rotate(0,-1,0);
  }
}
Setelah Javascip selesai dibuat, drag kode ini pada object_kosong1 tadi. Kode diatas artinya untuk menggerakkan lengan ke kiri dan ke kanan kita dapat memakai tombol Q dan W.




6. Masukkan objek pangkal ke dalam parent objek kosong tadi dengan cara men-drag nama objek pangkal tersebut pada tab Hierarchy ke tulisan objek_kosong1.
 7. Jalankan dan tekan Q atau W untuk menggerakkannya, jika pangkal berotasi dimana ujung lengan bawah tetap pada posisi tengah, maka bisa dibilang lengan pangkal sudah berhasil dibuat.



Untuk lengan kedua pada hakikatnya sama sebagaimana lengan pangkal tadi, yaitu:
1. Buat objek kosong lagi seperti halnya diatas, rename dengan nama Objek_kosong2, atur posisi pada X=0,Y=0 dan Z=5 (Z=5 agar posisi objek kosong ada diujung luar lengan pangkal tadi)
2. Buat kode javascript seperti diatas dengan nama baru yaitu 'Lengan2' misalkan, tuliskan sama persis dengan yang pertama, cuma ganti Keycode.Q jadi Keykode.A dan Keycode.W jadi Keykode.S, ini dimaksudkan untuk menggerakkan lengan kedua menggunakan tombol A atau S. Lalu drag pada objek_kosong2 tadi.
3. Buat cube baru lagi dengan ukuran sama persis seperti yang pertama yaitu skala X=1, Y=1 dan Z=5, namun untuk position set X=0,Y=0 dan Z=7.5 (Z=7.5 agar posisi objek cube ini juga nempel diujung luar lengan pangkal tadi), rename namanya menjadi Lengan. Beri texture biar ada perbedaan warna dengan lengan pangkal.

4. Jika sudah selesai, sama seperti halnya yang pertama, lakukan parent-isasi dengan cara masukkan objek pangkal2 ke dalam parent objek_kosong2 dengan cara men-drag nama objek Lengan pada tab Hierarchy ke tulisan objek_kosong2.




5. Jalankan dan tekan A atau S untuk menggerakkannya, jika ujung bawah Lengan berotasi dengan titik pusat ujung atas Pangkal, maka bisa dibilang objek lengan sudah berhasil dibuat.


Untuk langka terakhir agar Lengan juga bergantung pada rotasi pangkal, maka masukkan Object_kosong2 yang didalamnya ada objek Pangkal2 kedalam parent Object_kosong1.






Nama :Yana
NIM : 0955201013

0 komentar:

Posting Komentar