Pages

Subscribe:
Selamat Datang Di Blog MK =Kecerdasan Buatan= Mahasiswa TI Semester 7 UBI Banyuwangi

Labels

Selasa, 06 November 2012

PETMAN (ROBOT MILITER AMERIKA)



Teknologi robot makin menggila saja. Mengekor Jepang yang makin mengembangkan kecerdasan buatan untuk robot-robotnya, Amerika tak mau ketinggalan. Akhir 2011 lalu, angkatan darat AS menguji robot untuk kepentingan militer bernama PETMAN robot.
ASIMO, QRIO, EMIEW, Actroid, AIBO, itulah sederet nama-nama robot yang lahir dari otak cerdas orang Jepang. Itu masih belum semua. Tak usah kaget, angka kelahiran robot di Jepang adalah termasuk yang paling tinggi di dunia. Bahkan, robot Jepang sudah diekspor ke Amerika.
Jepang memang rajin tapi USA bukan berarti tidak bisa. Lebih jarang rilis, justru sekali rilis membuat kejutan. Termasuk robot PETMAN. Nah kawan, robot satu ini dibuat untuk menguji pakaian khusus milik militer USA. Apa yang istimewa ? Meski, nggak bisa berkomunikasi, robot ini memiliki kemampuan gerak yang hampir sempurna.

Aspek keseimbangan, itulah keunggulan PETMAN. Dalam demostrasi filmnya, robot ini mampu berjalan menaiki tangga, putar tubuh kanan kiri, berjongkok dan kembali berdiri, berjalan di atas ekskalator, dan melakukan senam. Bahkan saat berjalan lalu ia didorong ke samping, PETMAN tidak terguling. Robot ini mampu kembali ke posisi semula. Sekilas, hampir sempurna mirip gerak manusia.
Karena bertujuan untuk pengujian pakaian militer, PETMAN juga mampu mensimulasikan kondisi fisiologi manusia melalui pengendalian suhu, kelembaban, dan pengeluaran keringan. Jadi, saat kepanasan pun robot ini bisa mengeluarkan peluh.
Sebagai tambahan, PETMAN dikembangkan oleh Boston Dynamic, Measurement Technologies Northwest, Oak Ridge National Lab, dan MRIGlobal. Yang jelas, semuanya USA punya lah, kawan.

By : EKO RIDAYANTO (0955201015)

0 komentar:

Posting Komentar